Permainan yang exclusive memang menyenangkan dan di Alpha4d boleh dibilang menyediakan sejumlah permainan yang merujuk pada hal itu, taruhlah seperti Ultimate Gaming, HKGP Live, maupun Spribe.



Hadirnya game maupun permainan yang exclusive di Alpha4d ini tentu saja menguntungkan karena pemain bisa bermain pada jenis game yang tidak biasa. 


Fenomena adanya game exclusive itu terang saja bukan hal yang baru. Sebab jika melihat pada game-game sebelumnya yang lebih dulu ada, untuk platform besar seperti misalnya Xbox, Playstation, mereka pun memberlakukan hal tersebut. 


Game yang masuk dalam kategori eksklusif ini selama ini termasuk sangat populer dan memiliki antusiasme tersendiri di kalangan penggemar game karena game tersebut menawarkan pengalaman bermain yang inovatif sehingga player memiliki pengalaman baru yang lebih mengesankan. 


Hal inilah juga yang coba ditawarkan oleh Alpha4d dalam menghadirkan game-game yang memiliki muatan eksklusif dalam platform hiburan paling populer di tanah air ini. 


Jika merujuk pada contoh game eksklusif sebelumnya yang sangat terkenal adalah "The Last of Us" yang dirilis untuk PlayStation 3 dan PlayStation 4. 


Selain itu, ada juga Nintendo Switch juga memiliki banyak game eksklusif yang sangat terkenal seperti "The Legend of Zelda: Breath of the Wild" dan "Super Mario Odyssey". Kedua game ini juga sangat inovatif dan menawarkan pengalaman bermain yang sangat berbeda dari game-game lainnya.


Fenomena Exclusive Game

Adanya game eksklusif adalah sebuah fenomena yang menarik dalam industri game karena menawarkan pengalaman bermain yang unik dan inovatif. 


Lebih dari itu adanya fenomena ini baik di Alpha4d maupun platform lainnya dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi player karena mereka bisa memainkan permainan tertentu yang unik dan eksklusif.


Pembahasan ini telah menjadi topik hangat tersendiri dalam industri game, sebab kalau melihat dari fenomena yang ada seperti dengan bermunculannya platform game baru seperti Google Stadia dan Apple Arcade, maka hal ini nampaknya akan semakin pesat pada tahun-tahun mendatang. 


Ada sejumlah pengembang game yang memilih untuk merilis game mereka secara eksklusif pada platform tertentu saja hal itu demi menjaga eksklusivitas permainan tersebut.


Bukan Hal Baru

Jika dirunut lebih jauh sebetulnya fenomena game eksklusif ini telah ada sejak lama dalam industri game sebelum Alpha4d. Sulit untuk menentukan siapa yang mempelopori konsep ini namun ada beberapa perusahaan game dan platform menjadi terkenal karena mendukung konsep ini. 


Salah satu platform game pertama yang mendukung game eksklusif adalah Nintendo melalui konsol NES (Nintendo Entertainment System) pada tahun 1980-an. Nintendo ketika itu telah merilis banyak game eksklusif populer sejak saat itu, termasuk seri Mario, The Legend of Zelda, dan Metroid.


Di samping Nintendo, Sony juga telah mempelopori game eksklusif dengan merilis konsol PlayStation pertama pada tahun 1994. Konsol PlayStation dan generasi berikutnya, PlayStation 2, 3, 4, dan 5, memiliki banyak game eksklusif populer seperti Gran Turismo, God of War, dan Uncharted.


Microsoft juga tidak ketinggalan dalam game eksklusif dengan merilis konsol Xbox pertama pada tahun 2001. Xbox dan Xbox 360 memiliki beberapa game eksklusif terkenal seperti Halo, Gears of War, dan Forza Horizon.


Selain itu, platform PC juga memiliki game eksklusif seperti World of Warcraft dan Starcraft yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment.


Dalam industri game saat ini, semua platform seperti Nintendo, Sony, Microsoft, dan platform mobile juga memiliki game eksklusif populer. Pengembang game independen juga sering merilis game eksklusif untuk platform tertentu, terutama di platform mobile dan PC.


Hal ini memang menjadi fenomena tersendiri yang menarik untuk terus diikuti perkembangannya dalam waktu-waktu mendatang.